Hallo Selamat datang :

Disini Segala tentang Kimia organik.

Saya Eko Nevriansyah

Pendidikan Kimia "16

Kelas Reguler B - A1C116014

Saturday, March 24, 2018

1920x1080 Wallpaper food, candy, sprinkling, frosting

1. Disakarida  

 Disakarida merupakan karbohidrat yang dibuat saat dua monosakarida bergabung. Pada proses pada penciptaan disakarida ini melibatkan adanya penyatuan antara dua monosakarida yang menjalani sebuah proses dimana sebuah molekul nantinya akan dihapus sebagai bagian perpaduan.

Amati Struktur Maltosa,Sukrosa dan laktosa dibawah ini

A.Sukrosa

 B. Maltosa

 C.Laktosa

Ketika dua monosakarida tersebut sudah bergabung untuk membentuk disakarida tunggal, maka membuat karbohidrat akan memiliki rasa yang manis serta lebih cenderung larut di dalam air dengan relatif jauh lebih mudah. Disakarida terdiri atas dua monosakarida yang dihubungkan oleh suatu ikatan glikosidik, ikatan kovalen yang terbentuk antara dua monosakarida melalui reaksi dehidrasi, misalnya maltosa merupakan suatu disakarida yang dibentuk melalui penyatuan dua molekul glukosa. Juga dikenal sebagai gula malto. Maltosa merupakan bahan untuk pembuatan bir. Laktosa, gula yang ditemukan dalam susu, merupakan disakarida lain, yang terdiri atas sebuah molekul glukosa yang berikatan dengan sebuah molekul galaktosa. Disakarida yang paling banyak di alam adalah sukrosa, yaitu gula yang sehari – hari kita konsumsi. Kedua monomernya adalah glukosa dan fruktosa. Tumbuhan organ nonfotosintetik lainnya dalam bentuk sukrosa.   
       Disakarida adalah karbohidrat yang tersusun dari 2 molekul monosakarida, yang dihubungkan oleh ikatan glikosida. Ikatan glikosida terbentuk antara atom C 1 suatu monosakarida dengan atom O dari OH monosakarida lain. Hidrolisis 1 mol disakarida akan menghasilkan 2 mol monosakarida. 

2.Polisakarida
      Polisakarida adalah makromolekul, polimernya dihubungkan dengan ikatan glikosidik. Beberapa polisakarida berfungsi sebagai materi simpanan atau cadangan yang nantinya diperlukan sebagai dihidrolisis untuk menyediakan gula bagi sel. Polisakarida lain berfungsi sebagai materi pembangun (penyusun) untuk struktur yang melindungi sel atau keseluruhan organisme.

Salah satu contoh dari polisakarida adalah pati atau starch
Pati sering di produksi oleh tumbuhan. Bentuk yang eksis adalah amilosa dan amolopektin. Keduanya terbentuk dari alpha - glukosa. Dapat kita amati struktur nya dibawah ini 

Amilum
Bentuk Ball and Stiknya

Amilopektin


Bentuk Ball and Stiknya


Permasalahan : 

1. Bagaimanakah mekanisme terbentuknya ikatan glikosida pada disakarida ? 
2. Sukrosa adalah disakarida yang dibentuk dari unit monosakarida yang berbeda yaitu antara satu molekul glukosa dan satu molekul fruktosa , namun mengapa sukrosa tidak mempunyai sifat reduksi ? apa yang menyebabkan hal tersebut 
3.Polisakarida bersifat hidrofobik , jelaskan bagaimana interaksinya dengan air sehingga dapat menyebabkannya sukar larut dalam air 

{ 3 komentar... read them below or Comment }

  1. Saya akan mencoba menjawab permasalahan no2.
    Sukrosa termasuk disakarida yang disusun oleh glukosa dan fruktosa. Gula ini banyak terdapat dalam tanaman. Sukrosa terdapat dalam gula tebu dan gula bit. Dalam kehidupan sehari-hari sukrosa dikenal dengan gula pasir. Sukrosa tersusun oleh molekul glukosa dan fruktosa yang dihubungkan oleh ikatan 1,2 –α. Sukrosa dibentuk oleh banyak tanaman , tetapi tidak terdapat pada hewan tingkat tinggi. Berlawanan dengan laktosa dan maltosa, sukrosa tidak mengandung atom karbon anomer bebas, karena karbon anomer kedua komponen unit monosakarida pada sukrosa berikatan satu dengan yang lain, karena alasan inilah sukrosa bukan merupakan gula pereduksi.
    Atom-atom isomer unit glukosa dan fruktosa berikatan dengan konfigurasi ikatan glikosilik yakni α untuk glukosa dan β untuk fruktosa. Dengan sendirinya, sukrosa tidak mempunyai gugus pereduksi bebas (ujung aldehid atau keton). Sukrosa mempunyai sifat memutar cahaya terpolarisasi ke kanan. Hidrolisis sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa dikatalis oleh sukrase (disebut juga invertase karena menubah aktivitas optic dari putaran ke kanan menjadi ke kiri).

    ReplyDelete
  2. Saudara eko kami akan menjawab pertanyaan no 1.Ikatan glikosidik dapat terbentuk antara suatu gugus hidroksil manapun pada komponen monosakarida. Jadi, meskipun kedua komponen gula sama (misalnya, glukosa), dapat terjadi kombinasi ikatan yang beragam baik secara lokasi (regiochemistry) dan ruang (stereokimia, seperti alfa- atau beta-) sehingga dihasilkan disakarida yang merupakan diastereoisomer dengan sifat-sifat kimia dan fisika yang berbeda.

    Tergantung dari komponen monosakarida pembentuknya, disakarida kadangkala berbentuk kristal, kadangkala larut dalam air, kadangkala berasa manis dan terasa lengket.ikatan kimia yang menggabung kedua unit monosakarida disebut ikatan glikosida. Ikatan glikosida terbentuk antara atom C 1 suatu monosakarida dengan atom O dari OH monosakarida lain atau ikatan tersebut terjadi antara karbon anomerik pada satu monosakarida dan gugus hidroksil pada monosakarida lainnya.  Ikatan glikosida segera terhidrolisa oleh asam, tetapi tahan terhadap basa.

    ReplyDelete
  3. Saya akan mencoba menjawab permasalahan no 3 menurut literatur Lipid adalah kelompok bahan kimia yang luas yang mencakup steroid, lemak, dan lilin yang ditandai oleh ketidakmampuan mereka larut dalam air. Ketidakterbatasan ini sering disebut sebagai hidrofobik, atau “takut akan air.”

    Namun, istilah ini mungkin menyesatkan karena ketidakterbatasiaan air mereka disebabkan oleh afinitas molekul air yang jauh lebih besar untuk molekul air lainnya daripada tolakan antara molekul lipida dan air.Beberapa lipid bersifat amphipatik dimana kelompok kimia hidrofilik seperti gugus karboksil atau fosfat terikat pada satu ujung. Ujung hidrofilik berinteraksi dengan molekul air sedangkan ekor hidrofobik molekul mempertahankan sifat hidrofobiknya. Sifat ganda ini memungkinkan molekul ini membentuk membran sel hidup. Mereka juga muncul pada sabun dimana kombinasi ekor hidrofobik dan kepala hidrofilik memungkinkan lipid lain dilarutkan ke dalam air.

    ReplyDelete

Popular Post

Followers

Powered by Blogger.

- Copyright © 2018 OR & ME - KIMIA ORGANIK DAN SAYA - Powered by Blogger - Designed by DJ -